Resep Tumis Kangkung Terasi

Hemm... Ibu-ibu pasti tahu banget kan dengan kangkung?, ya, kangkung adalah tumbuhan yang termasuk jenis sayur-sayuran dan ditanam sebagai makanan. Kangkung banyak dijual di pasar-pasar. Kangkung banyak terdapat di kawasan Asia dan merupakan tumbuhan yang dapat dijumpai hampir di mana-mana terutama di kawasan berair.

Resep Tumis Kangkung Terasi

Apalagi sekarang kangkung sudah semakin mudah untuk didapatkan karena banyak para petani membudidayakan tumbuhan ini. Kangkung, jika kita olah menjadi suatu masakan dengan berbagai jenis resep, tentunya tidak akan membuat lidah kita terasa bosan. Kangkung juga memiliki kandungan zat besi yang bagus untuk tubuh kita looh...

Resep Tumis Kangkung Terasi

Naaah, kali ini saya akan membagikan tips cara pengolahan makanan dari bahan utama kangkung, yaitu resep tumis kangkung terasi. Dulu juga saya pernah membagikan artikel yang sama dengan bahan utamanya kangkung juga looh, tapi dengan pelengkap tambahan tauco. Niih bu resepnya, Resep tumis kangkung tauco silahkan ibu-ibu baca juga ya...

Bahan-Bahan

Berikut ini bahan-bahan yang harus disiapkan dan cara pengolahannya:
  • 1 atau 2 ikat kangkung
  • 4 Cabe merah
  • 4 Siung bawang merah
  • 2 Siung bawang putih
  • Lengkuas
  • 1 sendok garam
  • Saus tiram
  • Gula pasir secukupnya
  • 2 Buah tomat
  • Minyak sayur secukupnya, dan;
  • Terasi 

Langkah-Langkah

Kalau bahan-bahan sudah disipakan semuannya, berikutnya adalah langkah-langkah untuk memulai membuatnya.

Siapkan terlebih dahulu kangkung yang sudah dibersihkan dan pilih daun yang masih segar serta batangnya yang masih hijau. Kemudian iris tipis-tipis siung bawang merah, siung bawang putih dan cabe merah. 

Selanjutnya kita panaskan minyak sayur, kemudian tumis irisan bawang merah dan bawang putih tadi hingga terasa bau harumnya. Setelah itu tambahkan irisan cabe merah, terasi dan lengkuas dan segera lingkarkan saus tiram di sekeliling bumbu yang sedang ditumis tersebut. Inget ya bu, saus tiramnya bukan dicampurin jadi satu dengan bumbu-bumbu tadi!.
Baca juga:
Setelah bumbu semua mulai dimasak, langkah berikutnya yaitu tambahkan kangkung yang sudah disiapkan tadi, awas looh jangan ditambahin air. Biarkan kangkung layu dengan sendirinya dan aduk terus secara merata hingga setengah matang. 

Setelah hampir matang, kemudian tambahkan gula dan garam secukupnya. Cicipi terlebih dahulu, apakah rasanya sudah terasa nikmat atau belum. Kalau dilidah masih ada kekurangan dirasanya, silahkan tambahkan bumbu yang lain menurut selera. 

Naaah, kalau memang rasanya sudah cocok dengan selera anda, langkah terahir tambahkan irisan tomat, dan tumis kangkung terasi pun siap untuk dihidangkan..

bm

Ibu rumah tangga pehobi kuliner, blogger dan influencer.

Posting Komentar

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang sopan sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.

avatar
Admin Jari Lentik Online
Selamat datang di Jari Lentik
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!