Cara Membuat Sambal Tomat Khas Sunda

Pada saat kita makan pasti merasa ada yang kurang sempurna di lidah kita jika tidak merasakan rasa pedas. Pada umumnya bagi orang Indonesia, sudah menjadi hal yang biasa jika setiap kali kita makan pasti selalu dihidangkan dengan sambal.

Sambal tomat khas sunda ini memang sangat banyak sekali penggemarnya.

Entah itu jenis sambal apapun, baik sambal terasi, sambal kacang, sambal jahe, sambalado dan lain sebagainya. Kali ini saya akan berbagi tips cara membuat sambal tomat khas sunda, yaitu salah satu sambal khas dari tatar pasundan yang memiliki ke khasan tersendiri dan bukan hanya orang sunda yang menyukainya tetapi hampir masyarakat Indonesia sangat menyukainya. 

Sambal Tomat Khas Sunda

Sambal tomat khas sunda ini memang sangat banyak sekali penggemarnya, bagi pecinta pedas maupun pecinta sambal ini merupakan resep yang wajib dihadirkan pada hidangan setiap hari. Cara penyajian sambal tomat ini sangat cocok sekali disajikan bersama lalapan ataupun berbagai hidangan gorenganan lainnya.
Baca juga :
Cara mengolah sambal tomat ini cukup mudah sekali karena bahan-bahan yang diperlukan dalam membuat sambal tomat khas sunda ini sangatlah mudah kita dapatkan baik di pasar maupun supermarket.

Cara pengolahan sambal tomat khas sunda ini kita dapat membuatnya dengan cara diulek dengan menggunakan cobek. Karena menurut saya, dengan cara diulek maka hasil yang didapatkannya lebih istimewa karena terasa lebih nikmat dan rasa pedas yang dihasilkannya pun lebih waaah. 

Bahan Membuat Sambal Tomat Khas Sunda

Langsung saja simak bahan-bahan yang digunakan beserta langkah-langkah membuat sambal tomat khas Sunda. Bahan-bahan sambal tomat khas sunda:
  • Buah tomat
  • Cabe merah
  • Cabe rawit
  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Minyak goreng
  • Garam secukupnya, dan;
  • Gula merah

Langkah Membuat Sambal Tomat Khas Sunda

Untuk langkah-langkah membuat sambal tomat khas sunda, pertama-tama siapkan wajan terlebih dahulu, lalu tuangkan minyak goreng secukupnya dan tunggu hingga panas. Kemudian masukan semua bahan-bahan diatas kecuali gula merah dan garam, tumis semua bahan-bahan tersebut hingga layu kemudian angkat dan tiriskan.

Langkah berikutnya adalah siapkan cobek, lalu masukan semua bahan-bahan yang sudah dimasak tadi kemudian ulek hingga halus dan tambahkan juga garam dan gula secukupnya. 
Baca juga:
Selesai sambal tomat khas pasundan siap dinikmati, anda dapat menikmatinya pada saat makan nasi hangat dengan lauk tempe goreng atau ikan gurame goreng serta ditemani lalapan mentimun atau dengan lalapan daun kemangi.

Apalagi jika disajikan bersamaan dengan sayur asam betawi, hemmm menu makan siang pun lebih terasa nikmat tentunya. Sangat mudah sekali kan cara membuatnya ? Selamat mencoba.

gambar : sedapkuliner.com

0 Comments

Posting Komentar

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan serta tidak meninggalkan spam dan memasang link aktif disini..!!!

Terimakasih atas perhatiannya...