Tren Bisnis Online Menguntungkan Tahun 2023

Sudah setahun lebih Indonesia terdampak penyebaran Virus Corona, hal itu mengakibatkan peluang kerja semakin sempit. Terlebih bagi pelaku usaha, mereka berlomba mencari peluang bisnis yang lain agar usahanya tetap berjalan.

Adaptasi kebiasaan baru menjadikan peluang bisnis dapat berjalan kembali. Namun, adanya kewajiban untuk tetap mematuhi protokol kesehatan akan membentuk perilaku bisnis yang berbeda pada masyarakat. Salah satu bisnis yang dapat dilakukan terkait kewajiban physical distancing yaitu dengan cara bisnis online.

Berikut ini tren bisnis online yang menguntungkan di tahun 2021

Memahami tren pasar merupakan hal yang sangat penting bagi pebisnis. Oleh karena itu, agar usahanya tetap dapat berjalan, pelaku UMKM harus mencari celah bisnis yang menguntungkan lainnya, salah satunya yaitu pemanfaatan media sosial maupun internet untuk memasarkan produknya.

Tren Bisnis Online Menguntungkan

Berdasarkan pengamatan saya serta dari beberapa sumber yang saya peroleh, banyak tren bisnis online yang bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan dimasa pandemi saat ini. Terlebih bagi pelaku usaha atau bagi yang ingin memulai usaha, maka harus jeli mencari peluang bisnis baru. Berikut ini tren bisnis online yang sangat menguntungkan di tahun 2021, diantaranya:

1. Bisnis Makanan dan Minuman

Pandemi Covid-19 telah menciptakan pola konsumsi yang baru bagi masyarakat. Meningkatnya permintaan konsumen akan makanan beku menjadi peluang bisnis baru. Seperti pada tahun 2020 yang lalu, usaha makanan dan minuman termasuk pada kategori bisnis yang masih populer hingga sekarang. Peningkatan transaksi bisnis ini meningkat hingga 3 kali lipat. Oleh karena itu kategori bisnis makanan dan minuman ini paling banyak dicari oleh masyarakat.

Banyak kategori bisnis makanan dan minuman yang dapat dipasarkan melalui internet, antara lain minuman jenis madu, buah-buahan, telur, kopi lokal, keripik dan beras hingga makanan siap saji.

2. Bisnis Kecantikan

Selain peluang usaha makanan dan minuman, bisnis kecantikan serta perawatan tubuh pun menjadi peluang usaha yang paling menguntungkan. Pangsa pasar jenis bisnis ini dapat menjangkau hingga ke pelosok pedesaan. 
Baca juga:
Seperti saya sendiri, meskipun kesehariannya berada di rumah dan mengurus rumah tangga, namun untuk menjaga penampilan serta perawatan tubuh agar tetap menarik, membeli peralatan kecantikan, lebih memilih berbelanja online ketimbang harus ke super market atau toko kecantikan langsung. Sebab itulah bisnis kecantikan dan perawatan tubuh ini banyak peminatnya meski dipasarkan melalui media internet.

3. Bisnis Tanaman Hias dan Alat Berkebun

Sejak diberlakukannya WFH (Work From Home), untuk mengurangi kejenuhan setelah bekerja, banyak masyarakat yang memanfaatkan pekarangan rumahnya dijadikan tempat untuk berkebun. Mempercantik rumah dengan menanam tanaman hias atau menanam sayuran untuk kebutuhan sehari-hari menjadi hobi yang saat ini banyak digeluti oleh masyarakat.

Bagi pebisnis, peluang usaha dengan memasarkan tanaman hias serta menjual peralatan berkebun ini menjadi daya tarik untuk terus mengembangkan usahanya. Hobi semacam ini semakin tren setelah adanya tanaman hias yang dapat dijual dengan harga yang fantastis. Tanaman hias "Janda Bolong" contohnya, bisnis jenis tanaman hias ini memiliki daya tarik tersendiri sehingga masyarakat banyak yang mencarinya.

4. Bisnis Produk Hobi

Menjual beragam produk yang mendukung hobi olahraga dapat menjadi ide usaha yang menguntungkan lainnya. Tren hobi olahraga yang banyak digemari selama ini diantaranya bersepeda, fitness, memancing, mendaki dan berkemah, serta sepak bola atau futsal.

Produk yang mendukung hobi ini banyak dicari oleh masyarakat. Selain sebagai hobi, mereka lebih memilih peralatan olahraga jenis ini untuk menghilangkan kepenatan dari beraktivitas selama WFH selain dari berkebun.

5. Bisnis Seni Lukis

Di tengah pandemi, melukis menjadi salah satu hobi yang banyak digemari oleh masyarakat, contohnya aktivitas paint by numbers atau melukis dengan panduan nomor. Tidak harus memiliki bakat melukis, dengan paint by numbers, siapapun bisa menghasilkan karya lukis yang indah, yang penting telaten.

Karena kemudahannya serta peralatan lukisnya yang murah, banyak masyarakat yang menyalurkan hobinya dengan melukis. Oleh karena itu bisnis menjual peralatan seni lukis ini menjadi peluang yang sangat menguntungkan untuk berbisnis online.

Penutup

Kunci dari keberhasilan sebuah bisnis yaitu dengan kejelian melihat peluang pasar. Salah satu cara agar bisnis tetap dapat berjalan yaitu dengan mengikuti tren bisnis. Selain itu kebutuhan masyarakat serta media yang digunakan pun menjadi penentu majunya usaha. 

Dari beberapa tren bisnis online yang telah saya paparkan diatas, semoga salah satunya dapat membantu Anda untuk memulai menjalankan bisnis online di tahun 2021 ini.

bm

Ibu rumah tangga pehobi kuliner, blogger dan influencer.

2 Comments

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang sopan sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.

  1. Beberapa bisnis telah saya coba. Ada yang saya lakukan sendiri ada yang join dengan teman.

    Alhamdulillah, beberapa ada yang lanjut ada yang terpaksa di bekukan dulu. 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah syukurlah mas. Emang mesti gitu sih. Semoga terus berlanjut usahanya ya mas.

      Hapus
avatar
Admin Jari Lentik Online
Selamat datang di Jari Lentik
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!