4 Tips Membangun Rumah Nyaman Bagi Pasangan Baru

Memiliki rumah sendiri menjadi impian bagi hampir semua orang, termasuk pasangan yang baru menikah. Membangun rumah tidak semudah yang dibayangkan, apalagi bagi pasangan yang sedang mengarungi biduk rumah tangga. Sering kali impian itu hanya tinggal sebuah harapan. Minimnya dana karena belum memiliki tabungan yang cukup serta belum memiliki pekerjaan yang layak menjadi faktor utamanya.

4 tips membangun rumah yang nyaman bagi pasangan baru menikah

Hidup menumpang di orang tua atau mertua pasti tidak akan sebebas serta senyaman hidup di rumah sendiri. Berbagai persoalan sering kali muncul karena ketidak cocokan dalam berperilaku. Parahnya lagi seringkali hal itu menjadi celah antar pasangan sehingga sering terjadi cekcok karena perbedaan pola pikir dan lain sebagainya.

Tips Membangun Rumah Nyaman

Namun bagi pasangan baru yang ingin segera memiliki rumah impian yang nyaman meskipun dengan dana terbatas serta langkah awal dalam membangun rumah. Berikut ini 4 tips membangun rumah nyaman bagi pasangan baru.

1. Lokasi Bangunan

Sebelum membangun rumah, hal pertama yang harus diperhatikan yaitu mengetahui lokasi yang nanti akan ditentukan utuk pembangunannya. Pilihlah lokasi yang strategis, nyaman dan tidak jauh dari fasilitas layanan publik seperti pasar, rumah sakit, serta transportasi umum.

Lokasi rumah yang terbebas dari banjir juga dapat memberikan kenyamanan jika musim hujan tiba. Meskipun kita ketahui, bencana banjir tidak dapat diprediksi sebelumnya, namun jika kita telah menentukan lokasi rumah yang terbebas dari banjir, maka kenyamanan serta keamanan lebih terjamin.

Selain itu, kenali dahulu lingkungan sekitar rumah. Apakah lingkungannya nyaman atau malah sebaliknya. Nyaman disini maksudnya apakah sering terjadi tindak kejahatan di sekitar lingkungan rumah atau tidak.

2. Anggaran Dana

Dalam membangun rumah, sebaiknya antara pasangan harus membuat kesepakatan untuk menentukan budget yang dimiliki. Dengan cara seperti itu dapat menentukan tipe rumah yang akan dibangun, bahan material bangunan yang digunakan, serta waktu pengerjaan yang tepat sesuai kesepakatan berdua.

Selain itu, siapkan pula anggaran dana darurat agar jika tiba-tiba ada kenaikan bahan material bagunan atau upah pekerja ada kenaikan, maka dapat menggunakan dana tersebut sebagai cadangan.

3. Desain Rumah

Setelah lokasi serta anggaran dana sudah tersedia, langkah berikutnya yaitu menentukan desain rumah yang diinginkan. Ada beberapa pilihan untuk memilih desain rumah, mulai dari desain industrial, kontemporer, minimalis, hingga skandinavia. Bagi pasangan baru yang memiliki dana terbatas, alangkah baiknya jika memilih desain rumah yang minimalis namun sederhana.

Dengan memilih desain rumah minimalis sederhana dapat menghemat lahan serta biaya pembuatan. Selain itu desain rumah minimalis juga identik dengan desain interior yang simple namun memiliki kesan modern serta elegan. Meski terlihat sederhana, jenis rumah ini tidak kalah bagusnya dengan rumah-rumah mewah. Dengan penataan ruang yang maksimal, rumah minimalis akan terasa lebih nyaman.

4. Bahan Material Bangunan

Jika sudah menentukan lokasi, budget serta desain rumah yang diinginkan maka langkah berikutnya yaitu memilih bahan bangunan yang akan digunakan untuk membangun rumah. Memilih bahan material bangunan merupakan salah satu tahapan paling penting dalam proses pembangunan rumah. 

Material bangunan yang dipilih akan mempengaruhi kualitas keseluruhan bangunan. Pilihlah bahan material bangunan yang memiliki kualitas terbaik, hal itu agar rumah yang akan ditempati nanti lebih kokoh dan awet dimakan usia.

Kesimpulan

Bagi pasangan yang baru menikah serta menginginkan rumah yang nyaman namun memiliki dana terbatas, maka 4 tips membangun rumah nyaman yang telah saya paparkan diatas dapat dijadikan solusi agar dapat mewujudkan pembangunan rumah impian bagi keluarga kecil Anda.

Meskipun dengan desain rumah minimalis sederhana, namun tetap terkesan modern dan elegan. Rumah dengan desain apa pun jika dapat memberikan kenyamanan bagi penghuninya maka rumah tersebut dapat lebih membahagiakan dibandingkan hidup menumpang pada orang lain.


0 Comments

Posting Komentar

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan serta tidak meninggalkan spam dan memasang link aktif disini..!!!

Terimakasih atas perhatiannya...