02/05/2021

Cara Mudah Menggunakan Twitter Space

Sejak pertama kali diumumkan pada bulan November 2020, Twitter terdapat ruang obrolan berbasis suara yaitu fitur Twitter Space. Twitter Space sendiri adalah cara baru untuk melakukan obrolan audio langsung melalui akun Twitter.

Cara Menggunakan Twitter Space dengan Mudah

Fitur Twitter Space ini dikembangkan oleh Twitter karena melihat kepopuleran aplikasi Clubhouse sehingga mengembangkan layanan serupa. Dengan menggunakan fitur ini, pengguna Android dan iOS dapat menikmati layanan obrolan via audio.

Cara Menggunakan Twitter Space

Bagaimana cara menggunakan Twitter Space?, Berikut ini cara memulai menggunakan Twitter Space di Android. Bagi host (pembuat) dapat memulainya dengan cara berikut:
  1. Tekan tombol Plus (ikon +)
  2. Kemudian pilih ikon Space (ikon berbentuk berlian) yang berada di kiri atas
  3. Klik tombol Get Started untuk memulai
  4. Masukan judul ruang obrolan/Space
  5. Selanjutnya Klik Start your Space
  6. Undang pendengar dengan mengirimkan tautan obrolan melalui DM (direct message) atau melalui utas yang dibuat di time line.
  7. Bagi pendengar/listener, tidak ada batasan sehingga dapat menampung semua pengguna Twitter yang ingin bergabung dalam obrolan
  8. Pendengar dapat meminta akses kepada host dengan mengetuk tombol Request untuk mendengarkan percakapan
  9. Jika ingin menyimak dalam bentuk tulisan, pendengar dapat menggunakan tombol View Captions, namun dengan syarat host sudah mengaktifkan opsi ini

Tentang Twitter Space

Untuk mengetahui lebih jauh tentang fitur ruang obrolan berbasis audio atau Twitter Space, sedikit saya berikan gambarannya. Twitter Space merupakan fitur khusus yang dapat digunakan oleh penggunanya untuk melakukan percakapan, diskusi maupun konferensi melalui audio secara langsung.
Untuk menggunakan fitur Twitter Space ini, pengguna tidak perlu repot menginstal aplikasi pendukung. Cukup melakukan pembaruan aplikasi twitter, maka fitur ruang obrolan berbasis audio ini dapat digunakan.

Sayangnya, untuk saat ini fitur Twitter Space baru tersedia bagi penggunan iOS dan Android saja. Namun semua pengguna akun Twitter dapat bergabung, berbicara serta mendengarkan obrolan di ruang ini.

Agar dapat terhubung dengan ruang obrolan, pengguna tidak perlu saling mengikuti dengan pembuatnya (host) karena ruang obrolan yang dibuat ini dapat diakses secara umum sehingga tidak perlu undangan langsung dari si pembuat ruang komunikasi.

Kelebihan lain dari Twitter Space ini dapat diakses oleh pengguna Twitter dengan gangguan pendengaran/tuna rungu. Hal itu karena pada saat bergabung atau berbicara di Space untuk pertama kalinya, host akan diminta untuk menyetujui ucapan dari pengguna dengan gangguan pendengaran di Spaces dengan membaca teks saat ditayangkan langsung. 

Dengan menggunakan tombol Tampilkan teks, pengguna dapat mendengarkan atau berbicara dengan melihat teks langsung setelah disetujui oleh host.

Penutup

Seperti yang sudah saya uraikan diatas jika Twitter Spaces ini bersifat publik, jadi dapat digunakan oleh siapa pun pengguna Twitter. Twitter Space ini muncul secara otomatis di bagian timeline akun Twitter penggunanya. 

Bagi pengguna akun dengan Tweeter yang dilindungi, tidak dapat membuat ruang obrolan Twitter. Pengguna hanya dapat bergabung dan berbicara di ruang pengguna lain saja. Pada saat bergabung kehadiran pengguna dengan akun yang dilindungi ini akan terlihat oleh peserta lain.

Setelah obrolan audio Twitter berakhir, maka tidak dapat diakses lagi oleh  umum. Namun salinan audio dan teks dari Twitter Space masih disimpan oleh twitter selama 30 hari setelah Space berakhir (jika diaktifkan) oleh host.

bm

Seorang ibu rumah tangga yang memiliki seorang puteri dan selalu menyempatkan waktu untuk membuat tulisan di blog yang saya kelola ini.

Posting Komentar

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan serta tidak meninggalkan spam dan memasang link aktif disini..!!!

Terimakasih atas perhatiannya...

avatar
Admin Jari Lentik Online
Selamat datang di Blog Jari Lentik
Untuk bekerjasama, silakan kirim pesan langsung
Chat with WhatsApp